Terhitung mulai tanggal 25 Juni 2017, Kendaraan Roda 4 diperbolehkan memasuki dan parkir didalam Kebun Raya Cibodas setiap hari. Untuk Kendaraan Roda 2 tidak diperkenankan masuk pada hari Minggu dan Libur Nasional. Terima Kasih

-Kebun Raya Cibodas menuju WBK-
English or other language
Beranda
User: 1 online | Hari ini: 93 kunjungan | Total: 387235 kunjungan | Pencarian:
Kelembagaan
Layanan
Tematik
Penelitian
Link
Kebun Raya Cibodas

Artikel

Ingin Tahu Ratusan Karya Riset Anak Negeri, Kunjungi ISE 2017
Kusetiawan - 23-10-2017 08:02:15

cbg_3_SLIDER_WEBSITE-011.jpg
Jakarta, Humas LIPI. Ratusan karya riset anak negeri bakal menjadi daya tarik utama dalam penyelenggaraan Indonesia Science Expo (ISE) 2017, yang akan dihelat pada 23-26 Oktober 2017 mendatang di Balai Kartini Jakarta. ISE merupakan pameran sains yang menampilkan beragam hasil riset peneliti, baik kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi dan tentunya juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta industri.
 
Selain itu, ISE menampilkan pula karya riset dari para remaja dalam bagian kegiatan yang dinamakan Youth Science Fair 2017. Pameran sains remaja tersebut merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia. Para peserta yang terlibat adalah 52 finalis/pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI 2017. Kemudian, ada pula dari pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2017, Loreal Girl’s in Science, dan Kalbe Junior Scientist Award.
 
Selain pameran sains, ISE juga diisi dengan beragam kegiatan lain, seperti Science Movie, Science Art, Science Show, Games, workshop, talkshow, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi 2017, serta lebih kurang 18 konferensi ilmiah.
 
Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto mengatakan, penyelenggaraan ISE sebagai upaya meningkatkan apresiasi pemerintah akan arti penting dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) untuk landasan kebijakan. “Setidaknya ada tiga tujuan utama yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan ISE kali ini,” ungkapnya kepada rekan media dalam kegiatan Media Gathering “ISE 2017 dan 50 Tahun Kiprah LIPI” di Media Center LIPI Pusat Jakarta, Senin (9/10).
 
Ketiga tujuan itu, Bambang katakan, antara lain pertama adalah menyampaikan hasil, capaian dan kontribusi komunitas Iptek tanah air ke publik. Kedua, yakni menyediakan ajang temu dan diskusi antara penyedia dan pemakai hasil riset di berbagai bidang Iptek. Dan ketiga, adalah meningkatkan kerjasama dan sinergi para pemangku kepentingan terkait.
 
Untuk diketahui, tema ISE tahun ini adalah “Sains untuk Masa Depan Berkelanjutan”. Tema ini diangkat sebagai tanda bahwa ilmu  pengetahuan menjadi landasan dan modal dasar untuk masa depan yang lebih baik secara berkelanjutan.
 
Tiga Konsep
 
Laksana Tri Handoko, Ketua ISE 2017 yang juga Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI menyambung, konsep utama ISE terdiri dari tiga hal, yakni Science for Science, Science for Scientific Community, dan Science for Stakeholders. “Ketiganya menjadi semangat utama dari penyelenggaraan ISE,” tekannya.

Science for Science adalah kontribusi LIPI dalam perkembangan ilmu pengetahuan melalui perbaruan teori/metode, hasil-hasil temuan baru, dan karya tulis ilmiah yang bereputasi. Kemudian, Science for Sientific Community yang merupakan kontribusi LIPI dalam mencerdaskan bangsa lewat kebermanfaatan dari hasil-hasil risetnya. Dan terakhir, Science for Stakeholder yakni kontribusi LIPI bagi kebijakan negara dan masyarakat melalui pemberian nilai tambah, arah kebijakan, dan perubahan pola kerja bagi kehidupan berbangsa lewat hasil-hasil risetnya.
 
Lalu secara teknis penyelenggaraan, Handoko menyebutkan, ISE melibatkan puluhan pemangku kepentingan, antara lain industri kreatif dan perusahaan start-up berbasis teknologi, Kementerian terkait, Lembaga Pemerintah non-Kementerian, Perguruan tinggi negeri maupun swasta, organisasi profesi ilmiah, media massa, siswa tingkat dasar dan menengah, mahasiswa, guru, dan para peserta pameran lainnya, baik dari dalam dan luar negeri.
 
Dalam penyelenggaraan ISE sendiri, LIPI merupakan penggagas kegiatan tersebut. Untuk menyukseskan ISE agar lebih diterima masyarakat, LIPI menggandeng promotor iD.M (Ideas Reinvented), yang tergabung dalam Media Group (Media Indonesia, Metro TV, dan Metrotvnews.com).
 
Firdaus, perwakilan IDM mengharapkan ISE akan berjalan dengan lancar dan baik. Diharapkannya pula, ISE mampu mempertemukan kalangan peneliti, akademisi, pebisnis, serta pemerintah untuk bersinergi dalam memperkenalkan, membangun kerja sama dan menciptakan produk-produk inovasi di berbagai bidang. (pwd)


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Hit:80 | Suka 13 | Komentar 0 | Cetak | FB

Komentar

 

Nama :
E-mail :
Komentar :
   
    Masukan kode di atas !
   
Statistik Jumlah Kunjungan Website Harian
21-11-2017
94
20-11-2017
112
19-11-2017
107
Statistik Jumlah Kunjungan Website Tahunan
2017
50708
2016
110844
2015
83328
Galeri Foto Artikel
  • Berita
    Berita tentang seputar Kebun Raya Cibodas

  • Keanekaragaman Flora
    Berisi tentang berbagai keindahan dan keunikan dari berbagai flora Kebun Raya Cibodas

  • Koleksi
    Berisi mengenai informasi koleksi-koleksi di Kebun Raya Cibodas

  • Konservasi
    Berisi tentang informasi konservasi yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Lain-Lain
    Berisi informasi-informasi lainnya seputar Kebun Raya Cibodas

  • Layanan
    Berisi informasi-informasi seputar pelayanan Kebun Raya Cibodas

  • Pendidikan Lingkungan
    Berisi tentang informasi pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Penelitian
    Berisi tentang informasi penelitian yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

Artikel lainnya >>
Download Download lainnya >>
Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253
Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233
jasin.krcibodas@mail.lipi.go.id

Facebook - Twitter - Youtube - Google+



Powered by Cibodas Botanic Gardens ~ © Copyright 2009-2017 Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas ~ Untuk tampilan terbaik, gunakan browser Mozilla Firefox